Strategi Dasar Pemasaran Digital



Semua aktivitas pemasaran diarahkan untuk mengaruhi konsumen agar membeli barang atau jasa yang kita tawarkan. Keberhasilan seorang pemasar dalam memasarkan produk bergantung pada kualitas tempat, produk, harga dan promosi. Selain itu, juga ditentukan oleh unsur manusia yang berperan serta dalam proses pemasaran. 

1. Pengertian Pemasaran
Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, iklan, atau promosi saja. Pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat. Pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan dan keinginan pembeli.
Menurut Kolter dan Keller (2009), mengutip Asosisasi Pemasaran Amerika memberikan pengertian pemasaran sebaga suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya. Adapun menurut David (2011), pemasaran dapat dideskripsikan sebagai proses pendefinisian, pengantisipasian, penciptaan, serta pemenuhan kebutuhan dan keingan konsumen akan produk dan jasa.
Dari kedua definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran dalah proses menciptakan, mengomunikasikan dan menyerahkan nilai yang bertujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk dan jasa, sehingga tercipta hubungan pelanggan yang menghasilkan penjualan.

2. Konsep Pemasaran
Pemasaran sebuah produk tentu erat kaitannya dengan pemasar produk tersebut. Seorang pemasar harus terampil merangsang permintaan produk-produk perusahannya, dan juga terampil memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Proses pemahaman kebutuhan dan keinginan konsumen inilah yang menjadi konsep dari pemasaran.Menurut Kolter dan Armstrong (2012), pemasaran bersandar pada konsep inti sebagai berikut :

a. Kebutuhan, keinginan dan permintaan (needs, wants, and demands)
Kebutuhan adalah segala suatu yang diperlukan manusia dan harus ada sehingga dapat menggerakkan manusia, sebagai dasar (alasan) berusaha. Keinginan adalah hasrat untuk memperoleh pemuas kebutuhan yang spesifik akan kebutuhan. Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu yang didukung kemampuan dan kesediaan untuk membayar dan membeli.

b. Penawaran pasar-produk, pelayanan, dan pengalaman (market, offerings-product, service and experiences)
Penawaran pasar merupakan beberapa kombinasi dari produk, pelayanan, informasi, atau pengalaman yang ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.

c. Nilai pelanggan dan kepuasan (customer value and satisfation)
Nilai pelanggan dilihat sebagai kombinasi antara mutu, jasa dan harga (quality, service, price) yang mencerminkan manfaat dan biaya terwujud bagi konsumen. Kepuasan merupakan penilaian seseorang akan kinerja produk yang dirasakan sesuai dengan harapannya.

d. Pertukaran dan hubungan (exchanges and relationships)
Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh sebuah objek yang diinginkan dari seorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Pemasaran terdiri dari tindakan yang diambil untuk membangun dan memelihara hubungan melalui transaksi dengan target pembeli, pemasok, dan penyalur yang melibatkan produk, pelayanan, ide atau benda lainnya.

e. Pasar (markets)
Pasar merupakan kumpulan semua pembeli sebenarnya dan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan akan produk atau jasa tertentu yang sama, yang tersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.

3. Proses Pemasaran
Untuk mendapat hasil pemasaran yang sesuai, secara umum dapat dilakukan proses pemasaran yang terdiri dari beberapa tahapan berikut.
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar. Beberapa terknik yang dapat membantu seorang pemasar dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu sebagai berikut.
1) Mengelompokkan Pasar
Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan. Beberapa pengelompok pembeli yang dapat dilakukan, antara lain berdasarkan hal-hal sebagai berikut.
a) Lokasi tempat tinggal
b) Jenis kelompok
c) Demografis
d) Psikologis
e) Jumlah yang dibeli
2) Masa Peredaran Barang atau Jasa
Semua barang atau jasa memiliki siklus hidupnya masing-masing, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan, dan tahap penurunan. Apabila mengetahui masa peredaran suatu barnag atau jasa, maka hal-hal yang dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut.
a) Mempercepat atau memperlambat tahapan-tahapan
b) Mengetahui masa edar atau siklus hidup yang dimiliki
c) Mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru
3) Analisis SWOT
Analisis SWOT adapat dilakukan untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan dan posisi usaha pesaing. Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) adalah suatu teknik yang dirancang khusus untuk membantu mengidentifikasi strategi pemasaran yang harus dijalankan perusahaan. Analisis SWOT mencakup lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Secara internal; kerangka kerjanya menguraikan kekuatan dan kelemahan pada dimensi kunci misalnya kinerja keuangan dan sumber daya; sumber daya manusia, fasilitas dan kapasitas produksi; pangsa pasar persepsi pelanggan terhadap kualitas produk, harga dan ketersediaan produk; organisasi komunikasi. Penilaian terhadap lingkungan eksternal termasuk informasi pasar (pelanggan dan persaingan), kondisi ekonomi tren sosial, teknologi dan peraturan pemerintah. Ketika semua dijalankan dengan benar, analisis SWOT dapat mengarahkan proses pembuatan rencana strategi yang baik. Analisis SWOT dapat bermanfaat dalam menemukan keunggulan strategis yang dapat dieksploitasi dalam stategi pemasaran perusahaan.

Strategi Dasar Digital Marketing yang Mudah Dilakukan Pebisnis : 

Memanfaatkan Social Media Marketing Itu Wajib Hukumnya 

Hampir semua orang di muka bumi ini memiliki media sosial untuk berinteraksi. Karena itu, alangkah ruginya kalau Anda tidak memanfaatkan social media marketing sebagai salah satu strategi untuk berpromosi demi menjangkau pasar yang lebih luas. 
Anda dapat melakukan berbagai macam langkah promosi melalui platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Linkedln, dan lainnya. Namun sebagai langkah awal, mulailah terlebih dahulu dengan mempelajari cara kerja tiap media sosial, siapa saja penggunanya, dan bagaimana mereka berinteraksi. Selanjutnya, buatlah konten yang menarik terkait produk dan jasa yang mau Anda tawarkan. 
Konten yang dibuat bisa dalam bentuk caption disertai foto produk berkualitas terbaik, video, animasi, infografis, kombinasi video dan caption, banner, dan sebagainya. Lakukan secara rutin untuk memproduksi konten ini sambil terus melakukan pengamatan yang detail di berbagai fitur promosi yang tersedia di masing-masing media sosial. 
Nanti sejalan dengan waktu, Anda akan segera tahu mana media sosial yang cocok untuk produk Anda dan bagaimana langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan agar strategi promosi yang Anda harapkan bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa mengusahakan agar followers atau pertemanan Anda di sosial media terus bertambah sehingga potensi audiens atau calon pelanggan yang melihat postingan Anda dari waktu ke waktu juga semakin banyak. 
 
Jika Anda memiliki modal atau anggaran iklan yang lebih, Anda dapat memanfaatkan fasilitas iklan yang ditawarkan masing-masing sosial media, misalnya dengan memasang iklan di Instagram Ads atau Facebook Ads. Hasilnya akan jauh lebih efektif dan dapat menjangkau audiens dengan lebih sempurna. 

Mulai Kirimkan Email Marketing

Promosi secara personal dan menjalin keterikatan yang lebih baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan setia adalah dengan mengirimkan email marketing. Salah satu cara email marketing yang paling banyak dilakukan disebut dengan istilah newsletter marketing. Pernahkah Anda mendapatkan kiriman newsletter di email Anda?
Newsletter marketing adalah suatu fitur modern email marketing yang memungkinkan pelanggan mendapatkan update terbaru dari suatu situs yang mempromosikan suatu produk maupun jasa. Cara melakukan aktivasi newsletter sangat mudah. Dengan trik tertentu, Anda bisa mendorong pengunjung situs untuk memasukkan alamat email kemudian menekan tombol subscribe. 
Dari database alamat email yang berhasil dikumpulkan, Anda tinggal memasukkannya ke pengaturan situs. Ketika ada update terbaru pada situs, email marketing akan bekerja secara otomatis dengan mengirimkan newsletter ke alamat email yang telah terdaftar. Cara yang satu ini menjadi strategi digital marketing terbaik untuk melakukan promosi jangka panjang tanpa perlu terlalu banyak action. 

Pastikan Anda Menerapkan Teknik SEO secara Benar

SEO atau Search Engine Optimization menjadi suatu istilah populer yang ada kaitannya dengan peringkat web atau situs di search engine. Dalam pemeringkatan situs, SEO ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu dengan cara menetapkan kata kunci yang dibidik. 

Memasang Iklan Berbayar
Jika modal Anda cukup besar untuk dialokasikan sebagai dana promosi digital, Anda bisa mulai memikirkan pemanfaatan iklan berbayar. Ketika memasang iklan berbayar, baik dengan memanfaatkan social media ads, Google Ads, dan sebagainya, pastikan Anda memperhatikan tiga hal penting berikut, yaitu pengunjung, budget dan commerciality. Untuk lebih jelasnya mengenai cara pemasangan iklan berbayar yang menguntungkan,

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form